SEKOLAH LAPANGAN

anduring 066sDisebut Sekolah Lapangan (SL) karena pelaksanaan dilakukan di lapangan. Bukan lapangan sepak bola atau basket, tetapi di lahan praktek masyarakat. Jika belajar tentang pertanian, maka tempat sekolahnya berada di lahan pertanian, Demikian juga, jika yang dipelajari terkait tentang pembibitan, maka kebun bibit menjadi lokasi sekolahnya, dan seterusnys….

siklus belajar 5Sekolah Lapangan mulai dikembangkan sektar pertengahan 1980-an. Masa itu mereka beri nama IPM (Integrated Pest Management) yang diterjemahkan dalam bahasa indonesia SLPHT (Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu).

Andragogi atau Pendidikan Orang Dewasa, merupakan metode pembelajaran yang digunakan. Jadi, memanusiakan manusia merupakan salah satu prinsip dalam Sekolah Lapangan.

Semua diawali dengan bercerita pengalaman. Warga belajar bercerita tentang pengalamannya sesuai dengan tema Sekolah Lapangan. Jika SL Ecorice, maka warga belajar akan mengungkapkan pengalamannya seputar becocok tanam Padi. Demikian juga jika SL Kebencanaan, maka warga belajar juga bercerita seputar pengalamannya ketika terjadi Bencana.

Pada tahapannya, Sekolah Lapangan (SL) selain berhasil meningkatkan kemampuan tehnis, juga mampu meningkatkan kreativitas dan rasa percaya diri warga belajar. Warga belajar berani dan mampu menyampaikan pendapat dengan argumen/logika yang lebih baik.

DURIAN KADOK-1s

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s