Belalang Ranting

Ini kurasa yang orang sebut dengan Belalang Batang atau Belalang Stick atau Belalang Ranting. Ketika kutanya ke google terkait dengan taksonomi, aku sungguh bingung. Ternyata banyak spesies belalang model ini. Foto-foto Belalang Batang ini kujepret di sungai yang ada di wilayah Batu Busuk yang lokasinya dekat dengan Kampus Unand – Padang.

Aku sadar, emang aku bukan ahli taksonomi. Kesadaran inilah yang menambah kebingunganku. Ada yang bilang belalang ini masuk dalam genus Cyphocrania, sementara bentuk yang sama masuk dalam genus  Phobaeticus seperti yang ditemukan oleh tim peneliti dalam proyek Heart of Borneo tahun 2008 di jantung Kalimantan.

Menurut berita Kompas, bulan Oktober 2008 belalang model ini dengan ukuran panjang keseluruhan 56,7cm (panjang tubuhnya saja mencapai 35,7cm) ditemukan di jantung Pulau Kalimantan oleh tim proyek Jantung Borneo (Heart of Borneo) yang dilakukan oleh WWF bekerjasama dengan Indonesia, Malaysia, dan Brunei, dimana proyek Jantung Borneo (Heart of Borneo) ini telah dimulai sejak 2007

Katanya, Belalang dengan ukuran panjang ini ternyata berjenis kelamin betina, karena yg jantan ukurannya lebih pendek. Karena ukuranya. Karena ukuran panjang tersebut, Belalang dari Jantung Borneo tersebut diumumkan sebagai pemegang rekor serangga terpanjang di dunia yang ditemukan.

Kata referensi, belalang yang puanjang tersebut diatas oleh para ahli diberi nama Phobaeticus Chani. Untuk bahan referensi, specimen Probaeticus chani disimpan di Natural History Museum, London

LIPI sendiri mempunyai beberapa spesimen belalang ranting meskipun dari genus yang berbeda. Koleksi belalang stick LIPI dari genus Cyphocrania yang mempunyai panjang 30 cm.

Sementara yang kutemukan di Batu Busuk, Padang – Sumatera Barat, kalau memperhatikan bentuk dan ukurannya, lebih mirip dengan spesies Phaenopharos khaoyaiensis. Kalau ini, taksonominya sebagai berikut : Kingdom: Animalia. Phylum: Arthropoda. Class: Insecta.  Order: Phasmida. Family: Diapheromeridae. Genus: Phaenopharos. Species: Phaenopharos khaoyaiensis

Satu lagi, belalang Batang/Belalang Stick saat ini sudah menjadi binatang peliharaan dan sudah dijual di pet shop. Di ebay, Phobaeticus Chani atau disebut juga Chan’s Megastick ditawarkan dengan harga $ 88.98.

Phobaeticus chani

Phobaeticus chani

Phaenopharos khaoyaiensis

Ditawarkan dengan harga $ 88.98.

3 responses to “Belalang Ranting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s