Tari Dero

Dero/Modero – Gerakan penuh persahabatan, kekerabatan, kedamaian. Tari Dero  adalah tarian dengan formasi melingkar yang diikuti ratusan orang, merupakan tarian khas dari Sulawesi dan dikenal sebagai tarian perdamaian. Peserta tari saling berpegangan tangan membentuk lingkaran, bergerak, berputar mengikuti tempo musik/lagu. Gerak tari ini merupakan simbol rasa persatuan dan persahabatan, meski sebelumnya tidak saling mengenal.

Biasanya dero dipentaskan malam hari, usai acara pesta pernikahan, pesta panen [Padungku] atau acara lainnya. Tetapi, Dero juga biasa dilakukan pada acara-acara tertentu, biarpun tidak malam hari, seperti pada acara AMAN di Masamba  tanggal 19 September yang lalu.

Dero menjadi arena persahabatan sekaligus perdamaian. Lihat saja, dalam Dero, setiap orang bebas masuk ke dalam lingkaran, langsung menggandeng tangan orang di sebelahnya. Tidak ada yang pernah menolak penggandengan tangan itu karena dero memang ajang untuk bergembira dan mencari sahabat tanpa peduli apa agamanya. Tari Dero juga disebut Tari Pontanu, jenis tari pergaulan di mana para penonton diajak ikut menari dengan saling bergandengan tangan membentuk lingkaran.

Gerakannya Tari Dero.

Tiga langkah ke samping, …..Pada langkah ke tiga, kaki kiri di buang kedepan [perlahan], kemudian kaki kanan, setelah itu bergerak lagi ke samping seperti langkah di atas. Yang terakhir, terakhir nih… langkah seribuuuu…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s