Berugaq

Berugaq adalah nama bangunan dengan 4 tiang, tetapi jika  lahan cukup dan kebutuhan akan tempat sangat tinggi, dapat digunakan tiang berjumlah 6 dengan modul 2-3 m per kolom. Ditambahkan oleh Tomy Cheqeter “Kalau berugaq dia pakek 6 tiang, kalau 4 tiang namanya Sekepat bang, dan setiap rumah mempuyai itu”.  Dan Berugaq dalam aturannya (adat), selalu menghadap utara-selatan.

Di Pulau Lombok, bangunan ini seakan-akan menjadi kebutuhan wajib pelengkap arsitektur rumah tinggal yang diletakkan di halaman rumah.

Berugaq diantara dua lajur rumah penduduk (Kp.Anjah-Ds.Bentek, Lombok Utara)

Dalam kehidupan warga Sasak, Berugaq memiliki tempat tersendiri. Bahkan berugak merupakan salah satu lambang kebanggaan warga Lombok.

Dalam kehidupan sehari-hari, Berugaq juga memiliki fungsi spesial. Salah fungsi utamanya adalah untuk menerima tamu dan sebagai pusat belajar atau pusat pengajian, serta sebagai tempat untuk  berinteraksi dengan lingkungan di sekitar rumah..

Bahkan, Berugaq akan menjadi tempat memandikan mayat sampai tempat menikah sekalipun. Komplitlah fungsi sosial Berugaq ini. Kata Pak Kamardi “ada fungsi ritual (simbol gawe ayu & gawe ala)

Kata si Anis temanku “Tempat orang NEMIN / MIDANG juga, iya kan… .heee….”

Kalau ditilik dari bentuk bangunan dan pemanfaatannya, Berugaq mirip dengan Gazebo dan Bale Bengong di Bali. Sementara Gazebo berasal dari kata gaze (Inggris) yang artinya memandang, dan ebo (Latin) yang artinya keluar, sehingga maknanya kurang lebih menjadi tempat untuk memandang keluar.

Atap asli Berugaq biasa dibuat dari bahan ilalang. Tetapi karena kesulitan bahan baku ((ilalang) dan harganya mahal (di daerah perkotaan/pinggir kota) masyarakat banyak yang bergeser pada genteng dan seng dengan tetap mempertahankan konsep panggung dan umpak pada bangunan Berugak.

Tamu diterima di Berugaq

Menerima Tamu - Berugaq di Kampung Anjah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s