Teluk Katurai

Teluk Katurai berada di pantai timur Pulau Siberut bagian selatan. Teluk yang indah ini bentuknya memanjang sepanjang sekitar 18 km (kata Google Earth – mudah2an saja tak salah). Mulai ujung dalam teluk sampai ujung luar, teluk ini dikelilingi oleh mangrove. Bahkan di tengah teluk ada beberapa pulau kecil penuh dengan mangrove.

Ada dua akses  jalur untuk sampai di Teluk Katurai. Pertama jalur luar atau jalur laut. Dari Muara Siberut naik speed boat menyusuri peraian pantai kearah selatan. Dengan mesin boat 25 atau 40 pk, kita akan sampai sekitar satu jam kemudian.

Jalur kedua adalah jalur dalam. Jalur ini menyusuri sungai dan mangrove dan sudah tentu suasana lebih asri dibanding dengan jalur luar. Terusan/lorong mangrove yang memotong dari Sungai Siberut sampai Teluk Katurai ini biasa disebut Terusan Monachi. Monanchi adalah nama Pastor dari Italy yang bertugas di Mentawai. Dia yang menggerakkan anak asrama membuat terusan.

Ada 5 kampung di sekeliling teluk ini. Paling ujung (dekat hulu) adalah kampung Tiop  – kampung Sarausau – Kampung Malilimok. Diseberang (bagian selatan teluk) adalah kampung Toulolaggok dan kampung Pei-pei. Saat ini Pei-pei sudah ditetapkan menjadi ibukota kecamatanSiberut Barat Daya.

Masuk ke Terusan Monachi

Masuk ke Terusan Monachi

Mangrove di Terusan Monachi

Mangrove di Terusan Monachi

Kandas di Terusan Monachi

Ujung terusan Monachi

Boat di Tlk Katurai

Boat di Tlk Katurai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s