Pinang Muda

Mendengar kata Pinang, langsung ingatanku menerawang ke Serui – Kepulauan Yapen, Papua. Laki-laki – perempuan, Tua – Muda, senang sekali mengkonsumsi pinang muda. Kalau ditempat lain daun sirih dan kapur digunakan sebagai pelengkap mengkonsumsi pinang, di Serui buah sirih dan kapur yang jadi pelengkap makan pinang muda.

Jika ditempat lain orang pasang meja di depan rumah atau pasar biasanya untuk jualan jajanan pasar, tetapi di Serui mereka gunakan untuk lapak menjual pinang muda. Satu biji pinang muda biasa mereka jual Rp1000,-/buah.

Beberapa referensi, Pinang memiliki beberapa khasiat obat. Dengan dicampur dengan bahan (tanaman obat lain), pinang dapat digunakan sebagai obat cacingan, kudis, disentri, difteri, batu ginjal, mimisan. Jika dikunyah secara langsung dapat digunakan sebagai penyembuh sariawan dan perawatan gigi.

Referensi lain menyebutkan bahwa Pinang muda, selain obat diare, bisa digunakan sebagai obat anti lemah syahwat. Untuk obat yang satu ini, harus mencampur dengan gula Aren. Cara penggunaan, pinang muda dicampur dengan gula Aren dimakan langsung, tidak perlu dimasak. Jika dimakan secara teratur dalam seminggu pasti akan mengetahui khasiatnya, kalau Anda memakannya, niscaya gairah akan bertambah, dan selalu ingin mengulanginya.

One response to “Pinang Muda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s