DANAU MANINJAU

maninjau 8 batimetri -2Danau Vulkanik yang memiliki luas ±99,5 km2  dan kata orang memiliki kedalaman  495 meter ini terletak di Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, West Sumatra. Danau yang kata data LIPI memiliki kedalaman maksimal 165m dan ada sebagian data mengatakan 495 m ini terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, ibukota Sumatera Barat, 36 km dari Bukittinggi dan 27 km dari lubuk Basung.Dari kota Padang, perjalanan dapat ditempuh sekitar 3 jam.

Keberadaan Danau Mninjau erat kaitannya dengan Cerita Legenda BujangSembilan yang akhirnya kena kutuk menjadi ikan penghuni danau, akibat dendam mereka melakukan fitnah dan memberikan kesaksian palsu.

View Danau Maninjau dari Lawang Park

View Danau Maninjau dari Lawang Park

Dalam legenda diceritakan Giran dan Sani (adik bungsu Bujang Sembilan) di tuduh melakukan Zina dan diadili diperadilan adat. Karena dianggap salah, Giran dan Sani dihukum dengan diceburkan ke dalam Kawah Gunung Tinjau.

Pantun kasih antara Giran dan Sani

Pantun kasih antara Giran dan Sani

tamanLawang 063sMenjelang eksekusi hukuman, Giran berkata lantang :  “Wahai kalian semua, ketahuilah! Kami tidak melakukan perbuatan terlarang apa pun. Karena itu, kami yakin tidak bersalah,” ucap Giran.

Setelah itu, Giran menengadahkan kedua tanganya ke langit sambil berdoa. “Ya Tuhan! Mohon dengar dan kabulkan doa kami. Jika kami memang benar-benar bersalah, hancurkanlah tubuh kami di dalam air kawah gunung yang panas ini. Akan tetapi, jika kami tidak bersalah, letuskanlah gunung ini dan kutuk Bujang Sembilan menjadi ikan!”

tamanLawang 061-1sKarena Giran dan Sani tidak salah, Gunung Tinjau meletus meluluh lantakkan perkampungan beserta isinya. Bekas letusan meninggalkan kawah yang cukup besar yang sekarang dikenal dengan Danau Maninjau. Sementara Bujang Sembilan termakan sumpah Giran dan Sani menjadi ikan penghuni Danau.

Nama-nama tokoh dalam legenda tersebut  diabadikan menjadi nama nagari di sekitar Danau Maninjau, seperti Tanjung Sani, Sikudun, Bayua, Koto Malintang, Koto Kaciak, Sigalapuang, Balok, Kukuban, dan Sungai Batang. Lebih lanjut tentang cerita Legenda Bujang Sembilan, silahkan KLiK gambar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s